Cara Mencangkok Yang Baik dan Benar

Posted by Admin OkeStart on 05:39 PM, 14-Mar-13 • Under: TRICK

screenshot-00054.jpg

OkeStart.com ; Mencangkok tanaman buah-buahan seperti Mangga, Jambu Air dan lain-lain bukanlah sembarang mencangkok. Memang kelihatannya gampang, siapa saja bisa, karena hanya mengupas kulit dan membungkus dengan tanah, tapi biasa tidak dihidupkan akar.

Seperti pengalaman Pak Rahman K, Seorang Penghobi menanam Buah Mangga di Bokat Kabupaten Buol, di awal mencangkok pohon Mangga, cangkokan sudah berumur Tiga bulan, namun apa hasilnya? Batang yang di Cangkok tidak bertumbuh akar tetapi timbul kulit yang tebal. Itu disebabkan salah mencangkok.

Kemudian dia mencari tau solusi mencangkok, akhirnya berhasil dan mungkin sudah Ratusan Pohon Mangga yang hidup hasil dari cangkokan atas pengalaman yang di dapati. ujarnya saat bercerita dengan OkeStart.com (14/3/2013).

Adapun Cara yang dilakukan Oleh Pak Rahman K, untuk mencangkok pohon Mangga adalah sebagai berikut :

Pertama :
Siapkan bahan dan alat cangkokan seperti Pisau yang tajam, Sabut kelapa yang dipilah-pilah kecil, tanah bercampur pupuk kandang, dan tali buat pengikat sabut dipohon nantinya.

Kedua :
Cari tangkai yang kemiringan sekitar 45ยบ, jangan tangkai yang rata, agar akar tumbuh mengelilingi lingkaran tangkai.

Ketiga :
Kupas kulit tangkai tersebut dengan panjang 10 cm. jangan biarkan ada kulit yang masih tersambung. Kemudian setelah terkupas jangan langsung di bungkus tetapi biarkan tangkai tersebut terkumpas hingga 5-8 Jam.

Keempat :
Setelah cukup waktu 5-8 jam, lalu tempelkan tanah yang bercampur pupuk kandang pada ujung yang dikupas, usahakan dibagian kulit 2 cm tertutup tanah, dan dibagian yang dikupas 8 cm.

Kelima :
Lalu bungkus dengan sabut hingga tidak ada lagi tanah kelihatan. Usahakan ujung kupasan kulit bagian induknya tidak usah di bungkus.

Keenam :
Setelah selesai terbungkus dengan sabut lalu ikat ujung-ujung sabut tersebut. Usahakan mengikatnya jangan terlalu keras.

Ketujuh :
Maka cangkokan selesai, lalu usahakan setiap pagi dan sore di siram dengan air bagian yang terbungkus. Tunggu hingga akar sudah keluar dari sabut lalu potong dan pindahkan ke tanah yang ingin ditanami.

Normal akar tumbuh pada cangkokkan adalah 1,5 Bulan. Usahakan jangan sampai tersentuh keras wilayah cangkokan, karena akar yang tumbuh adalah akar kerupuk yang mudah patah.

Oleh : Rahman K.
Editor : Dhani Omr - OkeStart.com.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

1 responses to "Cara Mencangkok Yang Baik dan Benar"

Dani [05:42 PM, 14-Mar-13]

wah,,, makasih tutorialnya sob biggrin

arrow http://www.hacker.p.ht/belajar-php-bagian-6.xhtml

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images